Pahlawan Penakluk WannaCry Ditangkap FBI!


Marcus Hutchins. Source : nbcnews

Tentu kita masih ingat dengan serangan ransomware WannaCry beberapa waktu yang lalu dan sempat menghebohkan dunia karena telah menginfeksi sekitar sejuta komputer di seluruh dunia. Data pada komputer yang terinfeksi akan terkunci dan untuk membukanya diperlukan tebusan dengan nominal tertentu.

Adalah Marcus Hutchins, seorang periset keamanan asal Inggris yang berhasil menemukan celah di ransomware WannaCry tersebut dan berhasil menaklukkannya. Dia menemukan bahwa ransomware tersebut terhubung ke suatu domain yang tidak terdaftar dan selanjutnya dia daftarkan. Ternyata setelah domain tersebut didaftarkan ransomware itu langsung non-aktif dan serangannya pun melambat. Dengan keberhasilannya ini Marcus Hutchins mendapat penghargaan dalam perhelatan keamanan siber SC Awards Europe.

Namun sayang, saat ini Marcus ditangkap pihak FBI karena diduga mendalangi penyebaran kode malware bernama Kronos yang mencuri informasi perbankan sejak tahun 2014. Ironis!

Untuk menjaga komputer kita dari virus, ransomware, dan malware disarankan untuk menggunakan program antivirus yang terpercaya dan selalu di-update agar database virus selalu up to date. Cek disini untuk mempelajari lebih lanjut tentang program antivirus yang sesuai dengan Anda.

#MalwareWannacry #MarcusHutchins #WannacryHero

Featured Posts