Apa itu Ransomware?


sumber gambar : Kaspersky Lab.

Ransomware sejatinya adalah salah satu varian dari virus yang cukup berkembang pesat dewasa ini. Dengan semakin banyaknya pengguna komputer, laptop atau gadget di seluruh dunia maka jenis virus yang satu inipun juga semakin banyak menyerang. Salah satu contoh ransomware yang baru-baru ini menghebohkan adalah ransomware WannaCry.

Cara Kerja Ransomware

Ransomware bekerja dengan mengunci komputer kita sehingga kita tidak dapat mengakses data di dalamnya. Selanjutnya untuk membukanya kita harus membayar sejumlah uang kepada si pembuat ransomware. Selain komputer, ransomware juga mengincar perangkat mobile dan biasanya disembunyikan dalam bentuk aplikasi atau bisa juga berupa email dengan lampiran yang jika kita klik maka akan menginstall ransomware tersebut ke perangkat kita. Selanjutnya virus akan mengenkripsi dan mengunci data penggunanya.

Pencegahan

Buatlah selalu data cadangan atau backup ke media yang tidak terhubung ke internet, contohnya adalah hardisk external. Rajinlah mengkloning data komputer ke hardisk external setidaknya seminggu sekali.

sumber gambar : futureloka

Selanjutnya adalah jangan menginstall aplikasi yang tidak dikenal dan juga berhati-hati dalam membuka email dari pengirim yang tidak dikenal. Namun seringkali mereka akan menggunakan alias email dari perusahaan terkenal agar kita terkecoh. Jangan langsung percaya dan jangan pernah membuka attachment atau link yang ada di email mencurigakan tersebut.

Langkah terakhir adalah pakailah software antivirus terpercaya dan selalu update databasenya agar terhindar dari virus-virus terbaru.

#ransomware #virusransomware

Featured Posts