Bahaya Menggunakan Software Bajakan


Mendengar kata software bajakan mungkin sudah tidak asing di telinga kita dan menganggap hal itu biasa-biasa saja. Bagaimana tidak, saat kita membeli komputer atau laptop baru di toko komputer, biasanya si penjual akan menanyakan software apa saja yang ingin kita install, yang tentu itu adalah software bajakan alias tanpa lisensi.

Bukan hanya pengguna personal di rumah, ternyata masih banyak perusahaan yang tidak menggunakan software berlisensi. Ironisnya bahkan perusahaan besar pun masih banyak yang menggunakannya. Adapun software bajakan yang paling banyak diinstal adalah :

  1. Microsoft Office

  2. Adobe Photoshop

  3. Microsoft Windows

  4. Winrar

  5. Antivirus

Berdasarkan Business Insider, Indonesia masuk di peringkat ke-10 pengguna software bajakan terbesar di dunia. Peringkat ke-3 se-Asia setelah China dan India.

Lalu apa sih bahayanya menggunakan software bajakan?

Kriminal

Bukan hanya produsen dan penjual software bajakan, penggunanya pun dapat terkena pasal kriminal karena melanggar UU tentang hak cipta. Saat ini memang yang disasar umumnya adalah skala perusahaan, namun ada kemungkinan pengguna pribadi pun akan ikut terkena random sweeping oleh pihak kepolisian. Menggunakan software bajakan diibaratkan seperti seorang pencuri. Apa yang dicuri? Hak cipta seseorang atau perusahaan pencipta software yang telah dilindungi oleh Undang-Undang.

Jika Anda menjalankan bisnis atau perusahaan, tentu tidak ingin mengambil resiko bisnis dengan menggunakan software bajakan dan terkena kasus hukum bukan?

Bahaya virus/malware

Mungkin kita tidak sadar bahwa crack atau keygen yang terdapat pada software bajakan sebagain besar telah terinfeksi virus atau malware yang dapat mengancam keamanan komputer Anda. Trend serangan malware atau ransomware akhir-akhir ini semakin meningkat dan para ahli IT security mensinyalir kuat bahwa pemicunya adalah penggunaan software bajakan. Jangan sampai komputer di perusahaan Anda terinfeksi malware yang merusak data karena penggunaan software bajakan.

Support teknis

Poin penting lainnya adalah tentang dukungan teknis (support). Dengan menggunakan software bajakan tentu kita tidak dapat meminta support atau bantuan kepada principle software jika terdapat masalah teknis. Kita juga tidak akan mendapat pembaharuan atau update versi terbarunya, termasuk patch dan service pack.

Saat ini harga software yang umum dipakai harganya sudah terjangkau kok, bahkan banyak yang sistemnya adalah rental sehingga cukup murah. Bahkan untuk versi pelajar atau mahasiswa banyak yang gratis kok.

Jadi jangan pakai software bajakan lagi ya guys.. :)

#softwarebajakan

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Category
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
Search By Tags
No tags yet.

Multi Cakra Pratama

Berdiri pada tahun 2012 sebagai sebuah perusahaan IT solution provider yang menyediakan beragam solusi IT dengan harga yang kompetitif. Didukung oleh sales dan teknikal yang berpengalaman di berbagai sektor industri, kami memposisikan diri sebagai partner bagi customer untuk menghadapi tantangan dunia IT di era globalisasi dewasa ini.

 

Kami adalah reseller untuk produk AutoCAD, Microsoft, Kaspersky, Sketchup, Vray, Adobe, dan lain-lain. 

Follow us

  • Facebook - Multicakra
  • Twitter - Multicakra

South Quarter  Tower A 18th floor

Jln. RA Kartini Kav. 8 Cilandak Barat

Jakarta Selatan 12430

Phone : +62 21 8066 9614

Fax      : +62 21 8066 9601 

Email  : sales@multicakra.com

© 2017 by Multicakra            |     Autodesk      |       Microsoft     |      Kaspersky      |      Vray      |      Kerio       |        Sketchup                                Privacy Policy